Seri Pembahasan Manajemen Kelas | Pengantar

Kemampuan Manajemen Kelas bagi guru adalah sesuatu hal yang sangat penting di samping kemampuan merancang kegiatan belajar. Kemampuan ini berguna untuk memastikan jika rancangan belajar yang sudah disiapkan bisa berjalan dengan baik. Namun, sayangnya materi ini tidak dipelajari di perguruan tinggi jurusan pendidikan. Dulu aku sampai membuka-buka kembali transkip nilaiku dan juga istriku

(dengan jurusan pendidikan dan kampus yang berbeda) untuk memastikan materi ini memang tidak kami dapatkan selama kuliah. Ternyata benar, yang ada hanya mata kuliah Pengelolaan Pendidikan yang bahasannya sama sekali berbeda dengan Manajemen Kelas.

logo_classroom_management

Di luar ketiadaannya di mata kuliah jurusan pendidikan, nampaknya ilmu tentang Manajemen Kelas juga tidak menjadi perhatian utama di kalangan guru di sekolah umum. Alhasil, kerap terjadi persoalan pengajaran seperti kelas yang sulit diatur atau murid yang tidak mau belajar, yang sebenarnya bersumber dari kealpaan guru untuk mempertimbangkan soal Manajemen Kelas yang efektif dan efisien.

Jadi, apa itu Manajemen Kelas? Untuk memperdalam pemahaman definisi, kita bisa membuka sumber lain mengenai pengertian-pengertian dari para ahli. 😊 Namun, secara sederhana, Manajemen Kelas adalah kemampuan guru untuk mengatur segala hal yang berkaitan dengan kelasnya agar proses belajar-mengajar dapat terlaksana dengan baik.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, terdapat beberapa unsur Manajemen Kelas yang bisa kita, sebagai guru, pelajari dan praktikkan agar kegiatan mengajar kita dapat berjalan dengan sukses. Unsur-unsur ini (secara tertulis) saya dapatkan dari materi pelatihan guru di Sekolah Cikal dengan beberapa pengembangan (perubahan dan tambahan) dari saya sendiri. Unsur-unsur tersebut adalah: Mengatur lingkungan fisik, membangun iklim belajar yang kondusif, dan mendorong interaksi yang positif.

Setiap unsur-unsur tersebut aku coba bahas lebih rinci dalam rangkaian tulisan yang terpisah. Kita bisa melihatnya dengan mengkliknya satu persatu di paragraf sebelumnya. Akhir kata, semoga seri tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Selamat belajar😉

About rizkysatria

Penikmat kopi, prosa, dan puisi.

Tinggalkan komentar